Sinopsis dan Pemeran Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

0
263

Marvel Studios akhirnya merilis trailer perdana film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings . Dari trailer-nya terlihat jika film ini akan dipenuhi aksi laga dengan aksi-aksi kung fu yang seru. Film ini merupakan film Marvel Cinematic Universe (MCU) pertama dengan pemeran utama aktor berdarah Asia. Shang-Chi diperankan aktor Simu Liu di film ini.

Meskipun namanya tak terlalu dikenal seperti Captain America , Iron Man atau Spider-Man , Shang-Chi punya perjalanan panjang di dunia komik Marvel. Karakter itu kali pertama debut pada 1973 dan akhirnya mendapatkan judul solo pada 1983. Dikutip dari Screen Rant, karakter ini lahir di China. Ayahnya adalah seorang penjahat bernama Fu Manchu. Dia dibesarkan dengan pikiran bahwa ayahnya merupakan seorang pemimpin yang baik. Shang-Chi dilatih dengan berbagai gaya tarung dan menjadi seorang prajurit yang terampil. Dia sering kali disebut sebagai salah satu petarung terbaik di jagat Marvel. Setelah Shang-Chi mengetahui sifat asli ayahnya, dia berusaha melawannya dan para penjahat lainnya.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings disutradarai Destin Daniel Cretton. Film ini dijadwalkan tayang pada 3 September mendatang. Lantas apa saja yang harus diketahui dari film ini? Berikut ulasannya!

Marvel medapuk aktor keturunan China asal Kanada, Simu Liu, untuk memerankan Shang-Chi. Aktor ini dikenal atas perannya di serial drama komedi situasi Kim’s Convenience di negaranya. Casting ini kali pertama diumumkan di San Diego Comic-Con 2019 hanya beberapa hari setelah dia dipilih secara resmi. Sejak saat itu, Simu telah menjadi suara yang vokal di media sosial tentang bergabung dengan MCU dan kebahagiaannya membintangi film tersebut.

Di komik, Mandarin adalah penjahat utamanya bagi Iron Man. Namun, di keseluruhan jagat Marvel, dia dilihat sebagai supervillain dengan status tinggi. Dia merupakan ilmuwan cerdas yang selalu menyusun rencana untuk menguasai dunia. Dia juga merupakan jagoan bela diri dan mempunyai 10 cincin alien. Masing-masing cincin itu memberinya kekuatan khusus.

MCU mulai menyenggol keberadaan karakter ini di film pertama mereka, Iron Man. Di film itu, organisasi teroris yang menculik Tony Stark dikenal sebagai Ten Rings. Ada dugaan kalau Mandarin-lah yang mendalangi penculikan itu. Karakter itu kembali dipakai dengan cara yang kontroversial di Iron Man 3. Mandarin seharusnya menjadi penjahat utama bagi Tony Stark, tapi kemudian terungkap jika ada orang yang berpura-pura menjadi teroris tersebut. Komik pendek Marvel, All Hail the King, mengungkapkan kalau ada Mandarin asli. Tokoh itu terkonfirmasi bakal debut di Shang-Chi.

Aktor asal Hong Kong, Tony Leung, memerankan Mandarin di film ini. Kabar yang beredar menyebut, Mandarin akan menggantikan tempat Fu Manchu di komik dan diungkapkan sebagai ayah Shang-Chi. Di Disney Investor’s Day 2020, saat presentasi Marvel, karakter Tony diidentifikasikan sebagai Wenwu. Ini mengindikasikan kalau film ini akan memisahkan karakter itu dari julukan Mandarin yang bermasalah. Di trailer perdana Shang-Chi, Wenwu terungkap sebagai ayah Shang-Chi.

Saat presentasi Comic-Con di mana Simu dan Tony diumumkan membintangi film ini, bos Marvel Studios Kevin Feige juga mengungkapkan kalau Awkwafina bakal bergabung di film ini. Dia memerankan karakter bernama Katy yang merupakan teman Shang-Chi. Awkwafina menyebut karakter itu sebagai seseorang yang lahir ke dunia yang tidak dia pahami dan berusaha tumbuh sebagai seseorang.

Selain itu, Michelle Yeoh juga bakal tampil sebagai Jiang Nan. Meskipun Michelle sempat terlihat sebagai Aleta Ogord di akhir Guardians of the Galaxy Vol 2 , sudah dikonfirmasi jika Jiang Nan adalah karakter yang sekali tak ada kaitannya dengan Aleta Ogord. Aktor lain yang juga terkonfirmasi tampil di film ini adalah Fala Chen (Jiang Li), Meng’er Zhang (Xialing), Ronny Chieng (Jon Bon) dan Florian Munteanu (Razor Fist).

Menyusul kesuksesan Black Panther , Marvel berharap jika Shang-Chi akan menjadi pencapaian pendobrak baru. Studio itu melibatkan banyak cast dan kru Asia untuk film ini. Setelah menggaet David Callaham sebagai penulis naskah untuk film ini, mereka juga mencari sutradara Asia. Pilihan mereka jatuh pada Destin Daniel Cretton.

Sebagaimana film lain Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings juga diselimuti kerahasiaan dengan hanya sedikit detil tentang plotnya. Sampai saat ini, yang diketahui adalah film ini akan melibatkan Shang-Chi yang ditarik ke dunia Ten Rings sementara juga harus menghadapi masa lalunya. Ini kian mengonfirmasi jika ayah Shang-Chi adalah penjahat utama di film ini.

“Shang-Chi harus menghadapi masa lalu yang dia kira sudah dia tinggalkan ketika dia ditarik ke jaringan misterius organisasi Ten Rings,” demikian bunyi sinopsis film ini dari laman Marvel.com.

Kevin juga mengatakan, peran Ten Rings yang telah dimainkan di banyak film MCU mengindikasikan kalau film akan mengungkapkan bagaimana Mandarin dan organisasinya telah memanipulasi sejumlah peristiwa tertentu. Destin juga telah mengemukakan keinginannya untuk menggunakan cerita ini untuk menyingkirkan kiasan dan stereotipe tertentu terkait komunitas Asia. Ada juga diskusi tentang bagaimana penggambaran komik terhadap Shang-Chi dan Mandarin sangatlah rasis di masa lalu dan bagaimana film ini akan mengatasi hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here